Kamis, Mei 14, 2009

Karakteristik Orang-Orang Yang Beriman

berikut ini akan kami sebutkan diantara karakteristik orang-orang yang beriman :
  1. Orang yang beriman tidak berpaling dan menolak seruan menuju Al-Kitab dan As-Sunnah. Tidak sebagaimana sifat orang-orang munafik. Firman Allah : "Dan apabila mereka di panggil kepada Allah dan Rasul-Nya, agar Rasul mengadili diantara mereka, tiba-tiba sebagian dari mereka menolak untuk datang" (Q.S An-Nur : 48)
  2. Orang yang beriman tidak membantah naql (wahyu/agma) dengan akal. Sebagaimana Iblis menolak perintah Allah untuk sujud kepada Adam dengan akalnya yang rusak. Firman Allah : "Allah berfirman : "Hai iblis apakah yang menghalangi kamu sujud kepada (Adam) yang telah Ku ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi ?. "iblis berkata:" Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia engkau ciptakan dari tanah" (Q.S (38) : 75-76)
  3. Orang yang beriman tidak menolak syariat dengan alasan adat. tidak sebagaimana dengan mayoritas umat nabi-nabi dahulu (dan orang-orang sekarang) yang menjadikan adat dan budaya nenek moyang untuk menolak agama. lihat Q.S 43 : 23.
  4. Orang yang beriman tidak menolak wahyu Allah karena gengsi sebagaimana dengan Abu Thalib yang lebih memilih mati kafir - karena gengsinya - daripada mendapat celaan jika masuk Islam. Lihat Q.S Al-Qashshash : 56.
  5. Orang yang beriman tidak menolak agama kerana tahta sebagaimana dengan Fir'aun
  6. Orang yang beriman tidak menolak agama lantaran harta sebagaimana dengan Qarun
  7. Orang yang beriman tidak menolak agama karena kedudukan dan kehormatan seperti para pendeta ahlul kitab
  8. orang yang beriman juga tidak menolak agama dengan dalil rasa (perasaan) seperti kebanyakan orang-orang sufi

Demikianlah diantara ciri-ciri orang yang beriman. semoga kita termasuk di dalamnya. amiin..

View blog reactions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar